Sosialisasi KKR Aceh

Acara sosialisasi KKR diadakan di Aula Kantor Camat Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie, yang dihadiri oleh Kapolsek Glp 3, Perwakilan Danramil, Camat Glp 3, Direktur PASKA Aceh, Tim KKR, Panitia, dan peserta-peserta. Jumlah peserta yang hadir 50 orang, yang hadir dari 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Glp 3, Kecamatan Mutiara Timur, Kecamatan Mutiara Barat, dan Kecamatan Tiro.

Direktur PASKA Aceh sedang memberikan Kata Sambutan pada acara Sosialisasi KKR Aceh

Komisioner KKR yang hadir berjumlah dua orang yaitu Evi Zein dan Ainal Mardhiah, juga dibantu dengan tim administrasi. KKR aceh adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah aceh yang lahir dari kesepakatan Republik Indonesia dengan GAM. Salah satu bukti MoU pada 2005 adalah dibentuknya KKR Aceh. Seharusnya KKR sudah lahir dua tahun setelah MoU, tapi karena adanya pertentangan mengenai kondisi keamanan dan lain sebagainya, sehingga baru terbentuk pada tahun 2013, dan melalui proses yang panjang sehingga baru berjalan pada tahun 2017 ini, dengan jumlah komisioner yang dilantik pada 24 Oktober 2016 adalah 7 orang, dan tim KKR berjumlah 15 orang. Diharapkan pada 2018 KKR sudah berjalan dengan lancar.

Peserta yang hadir datang dari Kec. Mutiara Timur, Kec. Mutiara Barat, Kec. Glumpang Tiga dan Kec. Tiro

Komisioner membahas tujuan KKR yaitu untuk mengungkapkan kebenaran yang terjadi pada masa lalu/masa konflik. KKR akan berkoordinasi dengan pemerintah dan juga LSM-LSM sebagai mitra yang ada di Aceh. KKR mencari informasi melalui pendataan, mencatat semua peristiwa yang terjadi di masa lalu. Dengan data-data yang didapat, komisioner akan merekomendasikan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti berupa proses pemulihan korban. Komisioner yang hadir juga menegaskan bahwa tugas mereka bukan memberikan bantuan material kepada korban konflik, tapi mereka membantu mendampingi untuk proses pemulihan terhadap masa sulit yang pernah terjadi di masa silam.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *