Penyaluran Bantuan Tanggap Bencana Covid-19

Masuknya Virus Corona (Covid-19) ke Aceh sangat meresahkan warga, sehingga ditetapkan kebijakan dari pemerintah untuk berdiam diri di rumah untuk menghentikan penyebaran virus. Kebijakan itu  membuat masyarakat Aceh cukup kesulitan dalam hal ekonomi, khususnya untuk masyarakat yang penghasilannya didapatkan perhari kerja, seperti buruh dan pedagang.

Dari keadaan tersebut, Farida Haryani, direktur PASKA Aceh berinisiatif untuk sedikit meringankan dan membantu masyarakat, khususnya dampingan dari PASKA yang dominan penyandang disabilitas dan penyintas konflik dengan membagikan bantuan seperti sembako  (Gula, telur, minyak makan dan kentang) dan Alat Pelindung Diri (masker, sabun cuci tangan dan juga leaflet berisi informasi mengenai Virus Corona).

Pembagian Sembako dan APD di Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie
Beneficiaries dari Kecamatan Grong-grong, Kabupaten Pidie
CO PASKA Aceh sedang memakaikan masker pada benef disabilitas

Adapun masker kain yang dibagikan adalah hasil jahitan orang dengan disabilitas yang sebelumnya telah difasilitasi untuk pelatihan vokasi menjahit. Saat ini bantuan sudah didistribusikan ke seluruh penerima manfaat di Kabupaten Pidie yaitu Kecamatan Grong-grong, Pidie, Mutiara, Simpang Tiga, Indra Jaya, Sakti, Tiro, dan Glumpang Tiga. Bantuan juga dibagikan untuk penerima manfaat yang ada di desa Tampui, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya.

Mahdalena seorang penyandang disabilitas Daksa yang difasilitasi untuk mengikuti pelatihan vokasi menjahit sedang menjahit masker kain untuk disalurkan ke dampingan yang lainnya
Umi Salamah salah satu anggota kelompok IPD-Pidie juga ikut membantu menyiapkan masker kain

PASKA Aceh bekerjasama dengan berbagai pihak untuk pengumpulan donasi termasuk dari donor proyek yang dijalankan oleh PASKA (CBM dan AJAR). Dan juga Nasir Djamil (Anggota DPR-RI), sehingga masyarakat mendapatkan bantuan secara merata. Saat ini PASKA hanya dapat membantu kelompok dampingan saja, diharapkan supaya bantuan serupa juga dapat disalurkan kepada seluruh masyarakat.

Salah seorang korban konflik sedang menempelkan leaflet di rumahnya
Penyandang disabilitas yang didamping oleh PASKA Aceh berasal dari Kecamatan Grong-grong
CO Indra Jaya membagikan bantuan kepada salah satu pengurus KSM di wilayahnya
Pendistribusian bantuan sembako dan APD di kecamatan Mutiara

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *