Buka Puasa Bersama Dengan DPO

DPO (Disability Person Organisation) adalah orang-orang disabilitas/berkebutuhan khusus yang membentuk sebuah kelompok untuk bersama-sama membangun diri, saling menyemangati, dan menyuarakan pendapat bahwa para disabilitas ini memiliki hak yang sama dengan orang non-disabilitas.

FKM-BKA (Forum Komunikasi Masyarakat Berkebutuhan Khusus Aceh) Cabang Pidie dan PERTUNI (Persatuan Tuna Netra Indonesia) Cabang Pidie adalah lembaga yang menaungi orang-orang disabilitas yang ada di Kabupaten Pidie. Sekarang kedua lembaga ini merupakan DPO dampingan PASKA Aceh.

Staff PASKA Aceh dan anggota FKM-BKA dan PERTUNI sedang menyiapkan makanan untuk berbuka puasa

Pada hari Jumat tanggal 16 Juni 2017, PASKA Aceh mengadakan buka puasa bersama dengan lembaga FKM-BKA dan PERTUNI di sekretariat PASKA Aceh yang beralamat di Jl. Cot Teungoh lorong Pulo Iboh, Kec. Pidie. Tamu yang hadir sekitar 72 orang yang terdiri dari 41 orang disabilitas (laki-laki = 20; perempuan = 21) dan 31 non disabilitas (laki-laki = 13; perempuan = 18). Acara dimulai pukul 17.30 Wib, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah satu anggota PERTUNI dilanjutkan dengan kata sambutan yang diberikan oleh Bapak Sulaiman, salah satu anggota FKM-BKA yang berprofesi sebagai Tukang Pijat.

Tamu acara mulai hadir di Sekretariat PASKA Aceh

Acara juga diisi dengan ceramah oleh Bapak Khairizzaman Arahman dari kantor BPMD Kab. Pidie. Beliau memberikan ceramah dengan tema “Disabilitas dalam Pandangan Islam”. Bapak Khairizzaman menjelaskan bahwa pada dasarnya manusia sama kedudukannya di mata Allah SWT, yang membedakannya hanya Taqwa/Amal ibadahnya. Begitu juga dengan orang disabilitas, mereka juga memiliki hak yang sama, tidak berbeda dengan orang non-disabilitas, yang dapat membedakannya adalah ketaqwaan dari setiap individu. Maka dari itu, jangan pernah memandang rendah orang lain khususnya orang dengan disabilitas.

Bapak Khairizzaman sedang memberikan ceramah sambil menunggu berbuka puasa

Pada kegiatan buka bersama juga dilakukan santunan untuk sepuluh orang anak-anak yatim yang berada di lingkungan kantor PASKA ACEH.

Tamu sedang menikmati hidangan berbuka puasa

Acara pada malam itu dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama, shalat magrib berjamaah dan diakhiri dengan shalat tarawih berjamaah di Kantor PASKA Aceh.

Shalat magrib berjamaah

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Johnf470 berkata:

    Great, thanks for sharing this blog.Really thank you! dcadgcgfabae

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *