Blog Kegiatan

HDS 2020, Menghormati Dan Memenuhi Hak Disabilitas, Korban Perempuan Beserta Anak

PASKA-ACEH.OR.ID – Hari disabilitas se-dunia (HDS) setiap tahun di peringati pada tanggal 3 Desember ini sudah menjadi Agenda rutin tahunan, yang kita laksanakan di kantor PASKA Aceh Sigli, Kabupaten Pidie. Kamis 10/12/2020.Dengan tujuan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu disabilitas, hak korban perempuan dan anak, para penyandang disabilitas dan integrasi para penyandang disabilitas, di dalam setiap aspek kehidupan utama, seperti aspek sosial, politik, ekonomi dan status budaya masyarakat mareka.

Peringatan ini memperluas kesempatan untuk menginisialisasi tindakan untuk mencapai tujuan kesetaraan hak asasi manusia, dan kontribusi dalam masyarakat dari penyandang disabilitas.Sehubungan dengan hal tersebut, PASKA Aceh telah melakukan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Disabilitas Sedunia (HDS).

Maka dalam Program Aceh Community Based Inclusive Development (ACBID) pengembangan Inklusi Berbasis Masyarakat Aceh, dimana program ini kerja sama antara pemerintah daerah dengan instansi terkait. Stakeholder dan Disability People Organization (DPO) beserta Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang merupakan mitra PASKA ACEH. Dengan tujuan mensosialisasikan isu disabilitas dan mencari dukungan dari masyarakat serta pihak-pihak terkait untuk mewujudkan kesetaraan hak dan kesempatan disabilitas.

Selanjutnya ditempat terpisah, Anggota Dewan dari partai Golkar, Ida Susanti Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRD) Pidie mengharapkan, dengan adanya kegiatan HDS agar dinas terkait bisa membantu mareka yang perlu bantuan, seperti orang cacat mareka yang membutuhkan kursi roda, karena mareka juga bagian kemenangan kita dan juga kemenangan pemerintah daerah,” terang Ida Susanti di gedung dewan setempat.

Ida juga mengatakan, dimana dalam beberapa bulan yang lalu ada penyandang disabilitas yang sempat mengadu nasib pada Anggota Dewan (DPRD) selaku wakil rakyatnya.“Mareka saat mendatangi Kantor Dinas terkait merasa tidak direspon oleh pihak Dinas, akhirnya mereka merasa kecewa dan sedih, maka harapan kita, pedulilah mareka-mareka yang butuh bantuan nya,” ungkap Ida selaku wakil rakyat Dapil ll dari Partai Golkar.

Sambung Ida, “dimana hari ini kita baru saja melakukan kegiatan PASKA Aceh yang dilakukan secara sederhana, dan harapan orang PASKA juga hal yang senada, dengan Adanya kegiatan seperti ini agar kita bisa membantu kaum janda dalam bahasa Aceh “ineng Balei” mareka janda karena suami nya meninggal Masa komplit Di Aceh,” Pungkas Ida, seperti diberitakan oleh media online fokusberitanasional.net

Sumber : https://fokusberitanasional.net/hds-2020-menghormati-dan-memenuhi-hak-disabilitas-korban-perempuan-beserta-anak/

About the author

Paskaaceh

Add Comment

Click here to post a comment