Blog Kegiatan

Pelatihan Pembangunan Inklusif Disabilitas

Proyek ACBID adalah proyek RBM multi-tahun yang bertujuan untuk meninkatkan kualitas hidup orang dengan disabilitas di Aceh. Proyek akan dilaksanakan oleh konsorsium proyek yang terdiri dari dua NGO lokal—FBA danPASKA, dan didanai oleh CBM. Proyek ini dibagi menjadi dua tahap: tahap persiapan (September-Desember 2016) dan implementasi lapangan (2017-2020), yaitu kegiatan di level desa dan kecamatan di 4 kabupaten.

Kegiatan Pelatihan Pembangunan Inklusif Disabilitas,  Kamis – Jumat, 09 – 10 Februari 2017Aula PASKA ACEH, Pidie
Kegiatan Pelatihan Pembangunan Inklusif Disabilitas, Kamis – Jumat, 09 – 10 Februari 2017Aula PASKA ACEH, Pidie

Dalam implementasi program, baik FBA dan PASKA dituntut untuk dapat bekerja sama dengan organisasi berbasis disabilitas dan mendorong peran serta aktif organisasi-organisasi tersebut. Untuk itu, dperlukan peningkatan kapasitas organisasi disabilitas dan individu-individu yang mengalami disabilitas agar dapat berperan aktif sebagai bagian dari kelompok masyarakat. Selain berperan aktif, peningkatan jejaring juga diharapkan terjadi pada organisasi berbasis disabilitas. Di sisi lain, afiliasi antara individu dengan dengan disabilitas dan organisasi kemasyarakatan umum juga diharapkan bisa trjadi dengan harmonis.

Pelatihan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan persiapan proyek selama tahun 2017 yang berkaitan dengan pengembangan kapasitas partner program dan staf lembaga terkait. Materi dan strategi pelatihan dirancang agar terjadi interaksi dan saling belajar antar peserta dan fasilitator.[]

About the author

Paskaaceh

Add Comment

Click here to post a comment